Konfirmasi akan kehadiran seri kelanjutan untuk franchise game action RPGMass Effect memang sudah dilakukan oleh Bioware sejak beberapa bulan yang lalu. Mereka bahkan sempat membuka beberapa detail tentangnya. Tidak lagi menjadikan Shepard sebagai karakter utama, Mass Effect 4 memang masih membuka probabilitas besar untuk tampil sebagai sekuel maupun prekuel. Engine terkini yang mulai menjadi identitas EA – Frostbite Engine 2.0 juga akan menjadi pondasi untuk membangun visualisasi yang lebih memanjakan mata. Semua pertanyaan gamer tentu saja, kapan kita akan dapat menikmatinya?

Bioware memang diberikan kesempatan untuk mengembangkan franchise ini sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, tanpa keterikatan untuk merilisnya sebagai franchise tahunan. Dengan proses pengembangan yang baru saja dimulai sekitar satu bulan yang lalu, Bioware menargetkan perilisan Mass Effect 4 untuk timeline akhir tahun 2014 atau sekitar pertengahan tahun 2015 mendatang. Hal ini disampaikan oleh produser dari Mass Effect 3 sendiri – Mike Gamble. Gamble juga menyakinkan bahwa Bioware Montreal yang kini dipercaya sebagai pengembang seri terbaru ini sudah memiliki track record yang baik, setidaknya cukup untuk menenangkan para fans bahwa seri keempat ini berada di tangan yang tepat. Sayangnya, Gamble sendiri tidak berani memberikan tanggal rilis yang pasti untuknya.

Dengan waktu rilis yang diperkirakan meluncur pada timeline seperti ini, maka tidak tertutup kemungkinan bahwa Mass Effect 4 ini akan menjadi seri perdana franchise untuk konsol generasi selanjutnya, yang saat ini masih menjadi misteri besar. Mass Effect berkekuatan Frostbite? Sayangnya, kita masih harus menunggu setidaknya dua tahun lagi untuk mencicipinya sendiri secara langsung. Sabar dan sabar..


EmoticonEmoticon