Home » » Need For Speed: Hot Pursuit 2010

Need For Speed: Hot Pursuit 2010

Criterion Games Studios selama ini berhasil membuktikan diri bahwa mereka mampu untuk menciptakan game bergenre "arcade-racing" dengan Burnout series. Oleh sebab itu tidak mengherankan apabila Electronic Arts menggandeng Studio tersebut untuk mengerjakan game Need For Speed: Hot Pursuit 2010. Dengan memfokuskan pada balapan liar serta kejaran Polisi, Criterion mencoba menghadirkan Need For Speed series dengan ciri khasnya selama ini.


Gameplay

Berbeda dengan beberapa seri Need For Speed sebelumnya, dalam Hot Pursuit ini pihak pengembang sama sekali tidak memasukan unsur storyline, dimana hal tersebut tidak menjadi masalah, mengingat ini adalah sebuah game Racing. Dalam Hot Pursuit kita dapat berperan sebagai Racer atau Polisi secara bergantian, dimana dalam masing-masing carrer tersebut kita harus berusaha untuk meningkatkan rangking kita. Kita dapat memperoleh rangking maksimal 20, baik ketika menjadi polisi maupun ketika berperan sebagai Racer.

Sebagai Racer, kita akan dapat mengikuti beberapa event seperti Race, Time Trial, Hot Pursuit (Of Course!) maupun Test Drive, dimana kita terkadang diminta untuk menguji coba mobil tertentu. Criterion kembali menghadirkan balapan jalanan yang selama ini menjadi ciri khas Need For Speed series, yang tentu saja selain berusaha mengalahkan lawan-lawan kita, gamer juga harus menghindari kejaran dari polisi yang menghadang. Sementara apabila kita berperan sebagai polisi, maka tugas kita adalah menghentikan serta menangkap para pembalap liar tersebut dengan segala cara.

Yang cukup menarik, dalam Hot Pursuit ini kendaraan kita akan diperlengkapi dengan berbagai senjata yang cukup canggih yang dapat kita gunakan untuk menghalangi lawan. Tentunya senjata-senjata tersebut bukan senjata-senjata canggih ala Tank dan Bazzoka, atau senjata-senjata lain seperti yang ada dalam game Blur. Dalam Hot Pursuit mobil kita akan dilengkapi dengan 4 buah senjata, baik sebagai Racer maupun sebagai polisi.


Apabila kita sedang berperan sebagai "the good guy", maka kita akan dapat menggunakan beberapa weapons, yaitu Road Block, Helicopter Support, EMP hingga Spike Strip. Road Block merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk meminta pertolongan dari rekan-rekan polisi lainnya untuk melakukan Road Block, yang memungkinkan mereka untuk menghadang musuh yang sedang kita kejar. Walaupun mungkin tidak dapat menghentikan secara sepenuhnya, namun paling tidak road block tersebut akan dapat kendaraan lawan kita mengalami kerusakan yang cukup parah.

Sementara itu, mode EMP merupakan fitur yang dapat kita gunakan untuk menembak musuh yang berada depan kita dengan electromagnetic dalam jarak tertentu. Apabila serangan kita berhasil mengenai sasaran, maka mobil lawan kita tersebut kehilangan kendali atas mobil mereka. Sementara Spike Strip merupakan senjata yang cukup berguna untuk kita pakai dalam menyerang musuh yang berada di belakang kita. Dengan mengaktifkan fitur ini bagian belakang mobil akan mengeluarkan "spike strip", dimana apabila mobil lawan terkena serangan ini maka mereka akan mengalami kerusakan yang cukup parah dan kehilangan kontrol selama beberapa waktu.

Sedangkan Helicopter Support merupakan fitur yang dapat kita gunakan untuk memanggil bantuan berupa Helicopter, yang sangat berguna untuk melacak musuh yang mungkin sudah berada jauh di depan kita. Tidak hanya itu, Helicopter ini juga akan menjatuhkan Spike Strip di depan musuh-musuh kita. Fitur ini sendiri hanya dapat kita peroleh di level tertentu dan sangat terbatas, jadi harus kita gunakan secara bijaksana.


Apabila kita berperan sebagai Racer, kita juga akan dilengkapi dengan empat senjata, dua diantarany, yaitu EMP dan Spike Strip memiliki fitur yang sama dengan yang dimiliki oleh polisi. Sementara itu fitur lainnya, yaitu Jammer, merupakan fitur yang sangat berguna apabila kita sedang terdesak. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka kita dapat menonaktifkan senjata yang ada di mobil lawan selama beberapa waktu. Tidak hanya itu, dengan Jammer, kita juga dapat melihat Road Block di map kita. Sedangkan fitur terakhir yang dimiliki oleh Racer adalam Turbo Mode, dimana dengan mengaktifkan fitur ini, kita akan memperoleh kecepatan yang jauh melebihi saat kita menggunakan Nitro.

Need For Speed: Hot Pursuit ini tetap merupakan game yang bertemakan "Arcade" Racing, namun pihak pengembang berhasil memadukan unsur arcade tersebut dengan sedikit unsur simulasi yang menghasilkan kontrol yang cukup baik. Disini kita tidak perlu dipusingkan dengan setting Suspension dan sebagainya ala game full simulation, namun kontrol disini juga sepenuhnya arcade, kita masih harus membiasakan diri dengan control di masing-masing mobil yang berbeda. Kita tidak dapat berharap mengemudikan "American Muscle" dengan lancar apabila kita mencoba mengemudikannya ala RX-7.

AI dalam Need For Speed: Hot Pursuit ini juga cukup baik, baik AI lawan kita saat melakukan racing maupun AI polisi akan cukup menyulitkan kita, terutama di tingkat difficulty yang lebih tinggi. Mereka juga akan dapat menggunakan senjata-senjata yang sama dengan kita, mulai dari EMP hingga Spike Strip. Lawan-lawan kita juga akan cukup sering menggunakan shortcut yang dapat menyulitkan kita apabila kita sedang berperan sebagai polisi yang sedang mengejar mereka. Saya sendiri juga sering terkena jebakan Spike Strip dari lawan saat sedang melakukan racing.


Dalam Need For Speed: Hot Pursuit ini, kita akan dapat melihat sentuhan Criterion dengan jelas, terutama dalam hal "destruction", yang ditampilkan dengan cukup mempesona ala Burnout series. Dengan perpaduan weapons, seperti EMP dan Spike Strip, kita akan dapat melihat mobil-mobil berlisensi hancur berantakan. Semua adegan-adegan tersebut berhasl dihadirkan oleh Criterion dengan sangat baik, walaupun tentu saja tidak sebrutal yang ada dalam Burnout series.

Terkait dengan pilihan mobil yang ada, pihak pengembang memberikan pilihan yang cukup bervariasi. Semakin tinggi level kita dalam game ini, maka akan semakin banyak mobil yang dapat kita unlock. Pihak Criterion memberikan pilihan mobil berlisensi yang dapat kita gunakan baik sebagai Racer maupun sebagai polisi, mulai dari Alfa Rome Vantage, BMW series, mulai dari M3 hingga Z4, Mazda RX-8, McLaren F1 hingga Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport. Semua mobil-mobil tersebut dihadirkan dengan cukup baik dan cukup mirip dengan versi aslinya. Mobil-mobil tersebut dibagi menjadi 5 kelas, yaitu Sports, Performance, Super, Exotic dan Hyper.

Sayangnya, walaupun menghadirkan pilihan mobil berlisensi yang cukup bervariasi, pihak Criterion menghilangkan salah satu unsur yang telah menjadi ciri khas Need For Speed series, yaitu fitur untuk melakukan kustomisasi. Dalam Hot Pursuit ini, kita tidak dapat memodifikasi mobil-mobil yang kita miliki, seperti mengganti spoiler atau rims. Satu-satunya hal yang dapat kita rubah adalah warna dari mobil yang akan kita gunakan tersebut. Suatu hal yang sangat disayangkan, mengingat fitur ini sangat diminati oleh sebagian besar fans Need For Speed series.


Dengan tidak adanya fitur customization tersebut, sedikit banyak mengurangi hal-hal yang dapat kita lakukan dalam game ini. Disini kita hanya melakukan balapan untuk memperoleh rangking dan membuka mobil-mobil baru, walaupun terkesan lebih "linear" dibandingkan dengan seri Need For Speed lainnya, yang memungkinkan kita membeli uprgade dan lain-lain, untungnya pihak pengembang berhasil menghadirkan mode racing yang cukup menarik dalam Hot Pursuit ini. Pihak Criterion juga menawarkan sesuatu yang cukup unik yang dinamakan dengan "Autolog", sebuah fitur yang mirip dengan social network bagi Hot Pursuit. Dengan mengaktifkan mode ini kita akan dapat melihat achievements yang diperoleh teman kita. Kita juga dapat menantang lawan untuk melakukan racing dengan fitur ini sambil mengirimkan pesan.

Walaupun bukan sepenuhnya merupakan game open-world racing, disini kita juga masih dapat melakukan "free ride", yang memungkinkan kita untuk berjalan-jalan di Seacrest City. Sayangnya tidak begitu banyak hal yang dapat kita lakukan saat melakukan free ride tersebut, karena tidak ada area atau shop baru yang dapat kita buka saat melakukan free ride tersebut. Bahkan ketika saya melakukan free roam selama beberapa waktu di Seacrest City tersebut, saya belum pernah bertemu dengan polisi sekalipun. Sebenarnya hal tersebut akan membuat game ini menjadi lebih menarik. Hal lainnya yang sedikit disayangkan adalah, tidak adanya cockpit view yang ditawarkan dalam game ini.


Dalam Need For Speed ini kita akan dapat melihat sentuhan Criterion yang dipadukan dengan street racing ciri khas Need For Speed series, hasilnya? Walaupun bukan sesuatu yang sempurna, namun harus diakui gameplay dalam Hot Pursuit ini cukup menyenangkan untuk dimainkan. Tidak adanya fitur customization serta fitur free ride yang tidak terlalu menarik, berhasil ditutupi dengan balapan yang cukup menegangkan dengan AI yang cukup menantang. Setelah menyelesaikan sekitar 70 racing yang ada dalam carrer mode, kita juga dapat memainkan mode online dengan mode yang cukup bervariasi.

Gameplay Score: 8.0


Graphics
Pertama kali memainkan Need For Speed: Hot Pursuit ini, mungkin kalian akan langsung teringat dengan Burnout series, terutama dalam hal environment serta pencahayaannya. Pihak Criterion berhasil menghadirkan environment yang cukup mengesankan dan dapat dikatakan "menyegarkan", walaupun mungkin secara keseluruhan grafis dalam Hot Pursuit ini masih kalah dengan game-game bertema sejenis, seperti DiRT 2 yang beberapa waktu lalu sempat dirilis beberapa waktu yang lalu, namun bukan berarti grafis dalam game ini buruk. Mobil-mobil yang ada dalam game ini dihadirkan dengan cukup baik, efek-efek cuaca juga menambah nuansa tersendiri.


Sayangnya, versi PC dari Need For Speed: Hot Pursuit ini menawarkan pilihan custom graphic yang cukup minim. Disini kita hanya dapat memilih settingan resolusi, texture serta shadow. Tidak ada pilihan untuk mengaktifkan AA maupun AF disini, yang mengakibatkan jaggies yang cukup terasa. Untungnya, salah satu rekan kita berhasil memberikan solusi untuk permasalahan jaggies tersebut. Dengan tes menggunakan Q6600 @2.4Ghz dan GTX 275 di resolusi 1920x1080 dengan menggunakan settingan default tertinggi dalam game ini, FPS yang diperoleh cukup playable, yaitu antara 50-60.
Graphic Score: 7.5


Sounds
Pihak Criterion berhasil menghadirkan sounds yang cukup sempurna dalam game Need For Speed: Hot Pursuit ini. Suara masing-masing mobil terdengar cukup khas dan cukup realistis. Apabila kita sedang berperan sebagai polisi, kita juga dapat mendengarkan komunikasi melalui radio yang cukup membantu kita dalam melacak musuh kita. Sounds Effect dalam game ini juga terdengar cukup baik, seperti suara guntur dan lain-lain. Soundtrack yang dipilih oleh pihak pengembang juga cukup dapat menambah adrenalin kita saat sedang melakukan racing.


Sounds Score: 9.0


Penutup
Need For Speed: Hot Pursuit mungkin dapat sedikit mengecewakan bagi para penggemar seri ini yang sangat berharap untuk melakukan kustomisasi terhadap mobil-mobil mereka. Namun gameplay yang ditawarkan oleh pihak Criterion ini kemungkinan besar dapat sedikit menutup kekecewaan tersebut. Walaupun terkadang racing dalam game ini terasa sedikit repetitif, namun AI yang ada serta pilihan untuk dapat berperan sebagai polisi dalam game ini membuat Need For Speed: Hot Pursuit ini menjadi salah satu game yang pantas dicoba, terutama bagi mereka yang menggemari Arcade racing.

Overall Score: 8.0

Need For Speed: Hot Pursuit 2010
Genre: Racing
Publisher: Electronic Arts
Developer: Criterion Games
Release Date: November 16, 2010
Platform: PC, Xbox 360, iPhone, PS3, Wii
Rating: E10+ for Everyone 10+: Violence

Spoiler :
Minimun System Requirements:
Intel Core® 2 Duo 2.0 GHZ or AMD Athlon X2 64 2.4GHZ
1.5 GB Windows® XP / 2 GB Windows Vista® - Windows 7®
DirectX® 9.0c Compatible 3D-accelerated 256 MB video card with Shader Model
3.0* or higher (see section 9. for a list of supported video card chipsets)
8X speed DVD-ROM drive (Disc Users only)
DirectX 9.0c Compatible Sound Card
Broadband connection for online activation and online gameplay - 512 Kbps
or faster
Keyboard

Required Installation Size:
8 GB free hard disk space
Additional space required for DirectX 9.0c installation and for saved
games

EA Download Manager Users require 8.16 GB additional space for temporary
installation files

Required Operating Systems:
Windows XP SP3, Windows XP 64-bit SP2, Windows Vista SP2 (32- or 64-bit), or
Windows 7 (32- or 64-bit).
Note that Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows NT 4.0, and Windows
2000 are not supported.

*NOTE - To install the game properly on Windows XP/Windows Vista/Windows 7,
you will need administrator access to your machine. Consult your Windows XP/
Windows Vista/Windows 7 documentation for more information.

*Updates to your video and sound card drivers may be required.

Required Software:
DirectX 9.0c


0 comments:

Post a Comment

Visitor

RECENT POSTS

Followers