Blog adalah media umum. Tapi bukan berarti semua yang ada di dalam blog adalah untuk umum. Tulisan yang terpublish dalam blog adalah hasil karya pemilik blog. Sebuah hasil karya seseorang harus kita hargai. Bukankah pada hakikatnya kita juga ingin dihargai orang lain? Sebelumnya minta dihargai/ dihormati ada baiknya kita menghargai orang lain terlebih dahulu.


Begitu juga dengan narablog. Blogger yang menorehkan tulisannya di dalam blog perlu mendapatkan penghargaan. Salah satu caranya adalah mencantumkan link/ sumber tulisan ke blog tersebut jika kita meng-copy, mengutip, menjiplak tulisan di blog. Cantumkan url asal dari tulisan tersebut, begitu cara kita menghargai hasil karya orang. Dengan begitu saya yakin, narablog yang punya tulisan akan merasa senang.

Namun ada saja orang yang tak bisa mengerti akan pentingnya pencantuman url sumber hanya karena malas mencantumkan link. Padahal hanya butuh beberapa langkah copas (copy - paste) saja. Nah, bagi anda yang bandel dan pemalas untuk mencantumkan link sumber ada solusinya. Solusi sebenarnya harus dilakukan oleh pemilik blog. Jika tak mau ambil pusing, maka terserah anda.

Cara Pertama

  1. Login terlebih dahulu ke akun blog anda
  2. Masuk ke Dasbor blog --> Setelan --> template
  3. Klik Edit html --> Lanjutkan --> Centang Expand template widget utuk mengedit
  4. Carilah kode </head> dengan cara cepat (Ctrl+F lalu ketikkan huruf yang dicari)
  5. Copy - Paste html berikut di atas </head> (Lihat langkah ke-4)

<script type="text/javascript">
if(document.location.protocol=='http:'){
 var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('d7ciRsliur4AG8acwqm_6r');Tynt.i={"ap":"Read More:"};
 (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://tcr.tynt.com/ti.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})();
}
</script>


Cara Kedua



Cara nya sama di atas, tetapi sobat cari kode <body> , kemudian letakkan kode di bawah ini tepat diatas kode <body>

 
<script type="text/javascript"> if(document.location.protocol=='http:'){ var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('cXIEhKYVSr4lJ5adbi-bpO');Tynt.i={"ap":"Read More :"}; (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://infonetmu.googlecode.com/files/sumber-otomatis.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})(); } </script> 


Kata yang berwarna Merah bisa diubah sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing. Kata tersebut nantinya akan tertulis di bawah kalimat yang kita copas dari blog.
Untuk lebih jelasnya, silakan coba copas beberapa kalimat dari blog ini ke Notepad / Ms. Word.


EmoticonEmoticon