Sesekali ketika saya menggunakan Windows, saya mengalami keadaan dimana saya harus mengambil data dari partisi penyimpanan data saya di Linux. Bisa saja saya restart PC untuk masuk ke Linux kemudian kembali lagi ke Windows.

Tetapi ternyata hal tersebut dapat dilakukan dengan cara yang lebih efisien. Yaitu menggunakan software aplikasi untuk membaca partisi Linux. Salahsatunya adalah Linux Reader yang dikembangkan oleh DiskInternal.

Linux Reader ini dapat digunakan untuk membaca file sistem Ext2, Ext3, Ext4, HSF dan ReiserFS. Dan aksesnya terhadap partisi tersebut adalah read only. Hal ini dapat menjadi suatu kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya adalah, partisi Linux akan lebih aman karena dijamin tidak akan ada perubahan terhadap sehingga dapat menghindari gangguan terhadap sistem linux. Sedangkan kekurangannya tentu saja kita tidak dapat memasukkan file ke partisi tersebut.

Untuk antarmuka (tampilan) juga cukup familiar karena mirip dengan explorer windows. Selain itu juga dapat menampilkan preview terhadap file yang dipilih.

Download DiskInternal Linux Reader


EmoticonEmoticon