Inilah fakta-fakta yang menarik, unik dan menghibur seputar MP3 player paling populer di dunia, Apple iPod.
1. Rekor Penjualan 40.000 Lagu Dalam 10 Menit. Pada 12 Juli 2004, iTunes Music Store menjual lagu ke seratus juta. Pembeli lagu ke seratus juta ini memenangkan sebuah iPod 40 GB, PowerBook 17 inci, dan voucher senilai 10.000 lagu. Dalam waktu 10 menit sebelum mencapai angka tersebut, sudah terjual 40.000 lagu.
6. Penamaan iPod. Nama ‘iPod’ diperkenalkan oleh Vinnie Chieco yang membuat kampanye iklan untuk player baru tersebut pada 2001. Perangkat berwarna putih ini mengingatkannya pada kata ‘pod’ (kapsul putih yang merupakan docking kapal induk ruang angkasa) dari film yang beredar tahun 2001, A Space Odyssey.
2. Penemu iPod. Ide MP3 Player bukan muncul dari bos Apple, Steve Jobs. Bapak iPod adalah Anthony M. Fadell. Pertengahan 90-an, pengembang IT ini memiliki ide saat bermain ski untuk menghubungkan music player portabel dengan sebuah layanan online. Setelah ditolak oleh berbagai produsen, idenya kemudian diterima oleh Apple pada awal 2001. Sampai November 2008, ia masih menjadi chief of iPod-Division. Lalu, ia keluar dari perusahaan tersebut.
7. Sering Bermasalah. Menurut sebuah polling oleh portal Web MacinTouch, tahun 2005, satu dari tujuh iPod dinyatakan rusak. Keluhan yang paling sering adalah durasi baterai terlalu singkat, kerusakan hard disk, dan permukaan yang tergores.
3. Gara-Gara Headset. Pada Maret 2004, pihak kepolisian West Midlands memperingatkan para pemilik iPod yang menggunakan headset original berwarna putih agar menggunakan headset biasa agar tidak terlihat sedang menggunakan iPod. Alasannya, sebelumnya banyak terjadi perampokan iPod.
8. Volume Suara Dibatasi Oleh Undang-Undang. Undang-Undang di Perancis membatasi volume suara yang dimainkan oleh perangkat player sampai 100 desibel. Oleh sebab itu, di Eropa, iPod dipasarkan dengan setting volume suara yang telah disesuaikan. Sementara, iPod yang dijual di Amerika Serikat setting volumenya lebih keras.
4. Menu Mahal. Agustus 2006, Apple digugat untuk membayar 100 juta dollar kepada pesaing mereka, Creative. Alasannya, menurut pandangan Komisi Perdagangan Internasional AS, menu iPod melanggar paten yang dimiliki oleh Creative.
9. Paling Laris. Dari sebuah polling kecil di hasilkan: iPod yang paling laris adalah iPod Nano, disusul oleh seri Shuffle dan Touch Warna yang paling disukai pada seri Nano adalah hitam dan yang paling tidak disukai adalah iPod warna emas. iPod warna ini kemudian tidak dijual lagi.
5. iPod Paling mahal di Dunia. iPod paling mahal sampai saat ini dijual seharga US$ 548 pada Desember 2002 di Amerika Serikat. Player generasi kedua ini merupakan edisi khusus yang diproduksi terbatas dengan kapasitas 20 GB dan dihiasi dengan tanda tangan bintang pop, seperti Madonna, No Doubt, dan Beck.
10. Kesalahan Warna. iPod pertama dengan warna yang “beragam” adalah iPod Mini. Saat di-charge, warnanya berubah menjadi pink, padahal sebelumnya berwarna magenta, iPod yang salah warna ini kemudian dijual di eBay.


EmoticonEmoticon