Home » » Intel Perkenalkan Prosesor Generasi Ketiga

Intel Perkenalkan Prosesor Generasi Ketiga

Intel Xeon Spesial Usaha Kecil MenengahPerusahaan prosesor Intel secara resmi memperkenalkan keluarga prosesor Intel Core generasi ketiga yang biasa disebut Ivy Bridge.

Cip terbaru ini diyakini mampu memberikan peningkatan kinerja komputasi, tampilan visual untuk game, dan penggunaan multimedia.
Ivy Bridge merupakan cip pertama yang menggunakan transistor tri-gate 22 nanometer.
"Ini memberikan sejumlah kelebihan dibanding prosesor Intel generasi sebelumnya,” kata Chief Representative Intel Indonesia, Santhosh Viswanathan, di kantor Intel Indonesia, Jakarta, Senin, 28 Mei 2012.
Berkat teknologi transistor tri-gate 22 nanometer tersebut, memungkinkan jumlah transistor yang dimasukkan ke dalam satu cip semakin banyak, karena jarak antar transistor yang hanya 22 nanometer.
Shantos mengatakan lebih dari 1.000 transistor ada dalam cip prosesor generasi ketiga ini.
Dengan jumlah transistor yang semakin banyak tersebut, Intel Core prosesor generasi ketiga ini mampu menawarkan kinerja yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Salah satunya adalah menekan tingkat panas yang dihasilkan.
Keunggulan lainnya adalah peningkatan kinerja grafik 3D dan kemampuan prosesor media high definition hingga dua kali lipat dibanding generasi cip sebelumnya.
Cip terbaru ini memberikan peningkatan kinerja mikroprosesor hingga 10 persen dan mampu mempercepat aliran data dari dan ke dalam cip.
Peningkatan kinerja dalam prosesor terbaru ini berasal dari struktur transistor yang berformat tiga dimensi. Hingga saat ini, komputer, server, dan perangkat lainnya masih menggunakan transistor planar dua dimensi.
Dengan menambahkan dimensi ketiga pada transistor, memungkinkan Intel meningkatkan kepadatan transistor dan menambahkan lebih banyak fitur baru ke dalam tiap millimeter kubik prosesor.
Pembaruan lain yang dilakukan Intel pada prosesor terbaru ini adalah mengubah arsitektur cip sekaligus memperkecil ukuran dasar transistor.
Selama ini, yang biasa dilakukan Intel, proses produksi baru diperkenalkan dalam satu tahun dan baru kemudian arsitektur cip menyusul kemudian.
Selain itu, prosesor Intel Core generasi ketiga ini didukung dengan Intel HD Graphics 4000, yang mampu menampilkan kinerja grafik hingga dua kali lebih baik dibandingkan prosesor generasi sebelumnya.
Dalam kesempatan ini, David Tjahjadi, Channel Platform Manager Intel Indonesia menunjukkan keunggulan grafis prosesor terbaru ini dalam game Call of Duty: Modern Warfare 3 dengan resolusi Full HD 1080p.



Visitor

RECENT POSTS

Followers