Home » » Fenomena Banyaknya Buku Bisnis Online di Toko Buku Offline

Fenomena Banyaknya Buku Bisnis Online di Toko Buku Offline

      Kenyataan dilapangan lebih tepat jika dikatakan peluang bisnis adalah menjual informasi,di mana pada pertengahan 2009 telah beredar banyak buku tentang bisnis online dengan topik mencari penghasilan/uang di internet. Saya terkejut ketika kemarin pergi ke salah satu toko buku offline besar di Jakarta, yang mana ditemukan terjadi peningkatan signifikan jumlah buku-buku dalam topik bisnis internet ditampilkan di toko offline tersebut.

Saya tidak menyangka bahwa secepat itukah perkembangannya? karena sejak terakhir mengunjungi toko buku pada akhir tahun 2008 lalu dan membeli sebuah buku tentang bisnis internet tidak sebanyak sekarang, bahkan dapat dihitung jumlahnya.
Karena banyak buku-buku bisnis online bermuculan di dunia offline dan secara pribadi saya melihat itu sebuah fenomena baru (mungkin/menurut saya) dari pemasaran yang terjadi, baik dari segi positif dan negatif !

Fenomena positif

1. Dengan banyaknya/berkembangnya bisnis buku di toko offline akan memberikan perluasan pemasaran online untuk bisnis itu sendiri, terutama penjual produk informasi di internet atau buku elektornik atau sering kita kenal dengan istilah Ebook.
2. Prospek jangka panjang sangat baik untuk bisnis internet karena pemasaran dengan meningkatkan cakupan pangsa pasar baru akan memberikan kesempatan yang dampaknya perluasan target penjualan juga menjadi lebih luas.
3. Yang paling penting adalah membuka mata dan telinga rakyat bahwa bisnis internet dapat dilakukan sebagai alternatif Profesi pekerjaan baru yang cukup menjanjikan.

Fenomena negatif

1. Masih ditemukan artikel pembajakan dan kutipan-kutipan dari beberapa buku dipasaran (terjadinya ketika saya membeli beberapa buah buku dan beberapa lainnya saya membacanya disana) diambil dari internet tanpa izin dari penulis dan sumber asal jelas dari tulisan.Hal ini, tentu saja merugikan terutama bagi mereka blogger-blogger yang menulis artikel di dunia maya.
2. Teknik pemasaran masih terlihat sedikit berlebihan, judul terlalu heboh dengan isi/konten biasa-biasa saja … mungkin masih terbawa dalam dunia online kali yah? hehe ..Pls jangan lakukan karena karakter target pasarnya pastinya berbeda! Jangan samakan yang online dan offline,dan jangan merusak dan memberi image bahwa bisnis internet adalah gudangnya penipu.
Melihat fenomena diatas Apakah anda/blogger tidak pernah terbesit pemikiran untuk menciptakan uang dari blog Anda dengan artikel dan merangkumnya menjadi sebuah buku? lalu menjualnya di toko offline? Tentu saja, melalui prosedur dan mekanisme yang ada!


0 comments:

Post a Comment

Visitor

RECENT POSTS

Followers